Siklus hidup bakteriofag (litik dan lisogenik)

Bakteriofag - atau disebut fag untuk menyingkat - adalah virus yang menyerang bakteri tetapi tidak manusia. Mereka hanya memiliki satu tujuan: reproduksi mereka.

Tidak bisa hidup mandiri tanpa bantuan korban mereka, mereka tidak lebih dari sepotong protein mati dengan sentuhan materi genetik. Tetapi jika fag yang menempel pada bakteri yang cocok, mereka berkembang biak dalam memulai daur yang mengerikan. Jadi setiap bakteri yang sedang diserang oleh berbagai virus yang menggunakan mereka sebagai tuan rumah mereka untuk bereplikasi. Bakteriofag berbeda dengan virus eukariotik karena, untuk mendeteksi virus yang menginfeksi mata Anda, idealnya Anda harus menginfeksi ke dalam mata Anda, atau garis kultur jaringan sel manusia, yang tidak persis sama dengan mata Anda.

Sedangkan bakteriofag yang menginfeksi bakteri, dan bakteri dapat kita dapat tumbuhkan di laboratorium agak mudah. Jadi seluruh organisme dapat tumbuh di atas piring, dan jika Anda menambahkan campuran bakteriofag dengan bakteri, Anda akan melihat di piring yang tidak memiliki bakteriofag itu akan menjadi rumput bakteri, sedangkan di mana pun ada lubang dalam sepiring bakteri, ini menunjukkan bahwa bakteriofag telah menginfeksi dan telah membunuh semua bakteri di sekitarnya, yang secara efektif menunjukan apa yang telah dilakukan bakteriofag. Mereka masuk ke dalam sel, memperbanyak diri dan kemudian menjadikan sel bakteri terbuka, membunuh bakteri, dan kemudian pergi dan menemukan beberapa tuan rumah lain untuk diinfeksi.

Siklus Litik Bakteriofag

Siklus litik melibatkan infeksi inang oleh virus, diikuti oleh lisis, yang merupakan peledakan dan kematian sel inang. Hal ini juga melibatkan pelepasan fag menular baru. Siklus litik terdiri dari tahapan sebagai berikut:

1. Adsorpsi – Virus menempel pada sel inang. Reseptor adsorpsi spesifik berlangsung pada permukaan bakteri, yang dapat melibatkan lipopolisakarida, protein atau bahkan flagela.

2. Injeksi materi genetik – fag menggunakan gerakan mirip alat suntik untuk injeksi bahan genetik. Setelah menemukan reseptor yang tepat, plat dasar dibawa lebih dekat ke permukaan sel. Serabut ekor membantu mencapai hal ini, dan setelah lampiran serat ekor menyusut, melepaskan materi genetik ke dalam membran inang.

3. Fase Eclipse – Selama fase ini, materi genetik Bakteriofag mengambil alih mesin sel inang, dan ditentukan fag m-RNA, protein serta yang dihasilkan. Produksi bahan genetik inang dihentikan, dan sel inang menjadi “pabrik” untuk bahan virus. DNA fag juga diproduksi, produksi akhir m-RNA dan protein terlambat. Tujuan dari protein akhir adalah lisis sel bakteri.

siklus litik bakteriofag

4. Produksi virion – protein Helper merakit virion baru, yang menginfeksi sel inang lainnya pada saat rilis. Pertama, pelat dasar dirakit, diikuti oleh ekor. Kepala kapsid dirakit secara terpisah dan bergabung dengan ekor. DNA genetik ditempatkan dalam kepala kapsid. Ketika semua hal ini terjadi, sel menggambar bahan baku dari lingkungannya. Juga, gen fag mengizinkan hanya komponen virus yang akan dibangun. DNA inang menjadi benar-benar aktif atau hancur.

5. Tahap lisis – Pada tahap akhir ini, enzim tertentu memecah dinding sel peptodiglycan, sehingga sel inang meledak dan fag baru yang dirilis untuk mencari sel inang baru, sehingga siklus dapat dilanjutkan.

Siklus Lisogenik Bakteriofag

Pada siklus lisogenik, lisis tertunda, dan fag menjadi bagian dari tuan rumah untuk beberapa waktu. Virus tetap aktif dan dapat menjadi aktif setiap saat, mengarahkan sintesis material virus. Tahapan berikut merupakan bagian dari siklus lisogenik:

1. Adsorpsi – Tahap ini mirip dengan tahap adsorpsi siklus litik.

2. Injeksi materi genetik – Serupa dengan fase siklus litik.

3. Replikasi – Pada fase ini, bahan genetik dari virus ini tidak diproduksi atau ditranskripsikan secara signifikan.

siklus lisogenik bakteriofag

4. Represi – Pada fase ini, protein, yang disebut represor, dibuat untuk mengikat ke tempat tertentu pada DNA fag. Tempat ini disebut operator. Tujuan dari represor adalah untuk mematikan proses transkripsi hampir semua gen fag, kecuali gen represor. Hasil ini merupakan genom yang ditekan dan menjadi berasimilasi ke dalam kromosom inang.

5. Lysogeny – Karena kondisi tertentu, seperti paparan dari sel terhadap radiasi pengion atau radiasi UV, sel akan menghasilkan protease, yang pada gilirannya menyebabkan penghancuran protein represor. Hal ini menyebabkan pelepasan gen fag dan penggandaan litik, membawa siklus lisogenik berakhir.

Bakteriofag ditemukan dalam banyak perut hewan dan ditemukan dalam jumlah besar di laut. Samudera dan lautan mengandung jumlah yang sangat tinggi dari fag, dan beberapa perkiraan menempatkan jumlah bakteri terinfeksi fag di perairan laut yang mengejutkan sampai 70 persen. Bakteriofag sangat berguna untuk terapi fag, karena mereka adalah agen anti bakteri alami. Secara historis, orang-orang sembuh dari penyakit seperti kusta, tampaknya ajaib dengan minum air dari sungai suci, namun fag di perairan yang sebenarnya bertanggung jawab untuk menghancurkan bakteri yang menyebabkan kusta. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan pada kemungkinan penggunaan fag pada terapi fag.