Ciri-ciri bakteri secara umum

Tujuh ratus tahun yang lalu penyakit pes menyebar seperti awan gelap di seluruh Eropa. Penyakit itu menewaskan sebanyak sepertiga dari populasi. Apa yang ada di balik wabah mengerikan ini? Jawabannya adalah Bakteri.

Bakteri: kuman, berlendir, berbahaya, kan? Tentu, beberapa bakteri adalah makhluk jahat, seperti yang bernama Yersinia pestis yang menyebabkan penyakit pes. Tapi banyak bakteri lain membuat dunia kita menjadi tempat yang lebih sehat.

Bakteri adalah mikroorganisme, organisme yang terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop. Bakteri ini berkembang di Bumi selama setidaknya 3 miliar tahun. Mereka ada di sini jauh sebelum tanaman, serangga, burung, atau dinosaurus.

Miliaran tahun lalu bakteri membantu atmosfer bentuk bumi dengan memproduksi oksigen melalui fotosintesis. Yang pada gilirannya, mengatur panggung kehidupan yang labih maju. Bakteri masih di antara bentuk-bentuk kehidupan yang paling penting bumi hidup. Secera umum ciri-cici bakteri adalah sebagai berikut:

• Ciri umum bakteri yang pertama, mereka adalah Organisme prokariota (inti sel tidak diselimuti membran khusus) juga uniseluler (atau bersel tunggal)
  • Bakteri memiliki dinding sel seperti tumbuhan yang tersusun atas peptidoglikan dan mukopolisakarida.
  • Bakteri memiliki endospora yaitu kapsul yang muncul jika kondisi yang tidak menguntungkan sebagai perisai terhadap panas dan ganguan alam.
  • Dari segi ukuran, bakteri pada umumnya bakteri terlalu kecil seperti Mycoplasma untuk dilihat mata telanjang yakni sekitar 0,5 mikrometer tapi dan ada juga yang sedikit lebih besar yakni Epulopiscium fishelsoni mencapai ukuran yaitu sekitar 10-100 mikrometer.
  • Ciri umum lainnya dari bakteri hidup adalah mereka makhluk yang parasit (membutuhkan inang seperti manusia atau hewan) tapi ada juga yang hidup bebas
  • Secara umum bakteri tidak berklorofil
  • Habitat bakteri dapat tinggal dilingkungan yang keras seperti air panas, kawah, gambut.
  • Dilihat dari bentuk penampakan, sel bakteri bisa terlihat seperti basil (atau batang), kokus (berbentuk bola), spirilum (spiral seperti pembuka tutup botol), kokobasil (bulat dan batang), dan Vibrio (seperti koma)
  • Sebagai bagian dari perlindungan, bakteri dapat mensekresikan lendir ke permukaan dinding sel.
  • 8-10% fospolipid dan protein adalah penyusun membran sitoplasma pada bakteri.
  • Bakteri ada yang memiliki ekor juga disebut dengan flagela untuk bergerak sedangkan bakteri yang tidak memiliki flagela bergerak dengan cara seperti berguling

Kecil dan Perkasa

Organisme jatuh ke dalam dua kelompok besar, eukariota dan prokariota. Sel-sel eukariota memiliki membran yang mengelilingi inti dan organel. Semua organisme multisel, termasuk hewan, adalah eukariota.

Bakteri termasuk dalam kelompok prokariota sederhana, sebenarnya mereka adalah salah satu bentuk kehidupan sederhana di Bumi. Seperti semua prokariota, sel bakteri tidak memiliki membran yang memisahkan bagian interior mereka. Sebaliknya, mereka memiliki fitur utama yang disebut nukleoid yang berisi materi genetik bakteri, atau asam deoksiribonukleat (DNA).

Bakteri datang dalam berbagai bentuk, umumnya bola, batang, atau spiral. Banyak juga memiliki “ekor” yang disebut flagela yang membantu mereka bergerak di sekitar. Bakteri berukuran kecil, hanya beberapa mikrometer (sepersejuta meter).

Mereka mungkin kecil, tetapi bakteri adalah makhluk yang keras. Beberapa bahkan bisa “makan” logam. Mereka mereproduksi dengan cepat, juga, seperti yang terkenal e-coli (Escherichia coli). Bakteri ini tumbuh dua kali lipat setiap 20 menit. Bakteri lain dapat melipatgandakan hanya dalam waktu 10 menit. Bahkan bakteri yang tumbuh paling lambat untuk menjadi dua kali lipat membutuhkan waktu sehari.

Bakteri telah ada sekitar kita umtuk waktu yang lama, bisa mendapatkan nutrisi dari hampir apa saja, dan bereproduksi lebih cepat dari jadwal makan Anda setiap hari. Tidak heran mereka di mana-mana, dan dalam jumlah besar, juga. Satu sendok teh tanah mungkin berisi miliar sel bakteri! Air dapat mengandung jutaan per tetes.

Terlebih lagi, hampir tidak ada kondisi yang bakteri tidak bisa menangani. Bakteri yang disebut extremophiles berkembang di lingkungan yang ekstrim di mana tidak ada organisme lain bisa bertahan. Terik, gunung berapi berasap di lantai laut dalam? Tidak masalah. Dingin, air super asin di bawah 60 kaki dari es Antartika? Masih enjoy aja!

Mata air panas yang terkenal Yellowstone
Bakteri dapat tinggal nyaman di sumber mata air panas

Anda sebagai habitat bakteri

Anda mungkin tidak berpikir diri Anda sebagai habitat. Tetapi untuk bakteri Anda. Para ilmuwan menyebut komunitas bakteri dan mikro-organisme lain yang hidup pada manusia disebut mikrobioma.

Anda, sebagai mikrobioma, adalah rumah bagi triliunan sel bakteri dan mikroorganisme lainnya. Bahkan, jumlah sel mikroorganisme dalam tubuh Anda melebihi sel-sel manusia Anda sendiri 10:1! Jika berat badan Anda 100kg, Anda bisa membawa sekitar 3 kg atau lebih bakteri. Mereka tinggal di seluruh bagian tubuh: di usus Anda, pada kulit Anda, di mulut Anda.

bakteri streptococcus
Gambar bakteri streptococcus yang diperbesar hingga 3000 kali

Para ilmuwan dan peneliti lainnya telah menemukan beberapa fakta keren (dan kadang-kadang menyeramkan) tentang bakteri pada manusia. Yang paling penting, mereka telah menentukan bahwa mikrobioma setiap orang adalah unik.

Yang tepat jenis dan jumlah bakteri dalam mikrobioma Anda tergantung pada banyak faktor: Apa yang Anda makan, kesehatan Anda, di mana Anda tinggal, bahkan apakah Anda diberi makan susu formula atau susu ibu Anda saat bayi.

Mikrobioma seseorang tidak dalam jumlah tetap. Hal ini dapat berubah karena perubahan dalam makanan, kesehatan, lingkungan, atau paparan sumber luar. Satu studi di Eropa menemukan bahwa ketika dua orang berciuman, mereka bisa bertukar sebanyak 80 juta sel bakteri!

anatomi sel bakteri
Gambar anatomi sel bakteri.

Baik, Buruk, dan Jelek

Beberapa bakteri, disebut patogen, menyebabkan penyakit. Jika Anda pernah mengalami infeksi atau jatuh sakit karena makanan tercemar, bakteri patogen mungkin menjadi pelakunya. Bakteri menyebabkan penyakit dengan melepaskan racun dari sel mereka, atau dengan menyebabkan tubuh untuk menghasilkan racun.

Satu kelompok bakteri yang disebut Escherichia coli (E.coli) dapat memicu penyakit parah ketika masuk ke makanan atau air. Bakteri lain, mycobacterium tuberculosis, penyebab penyakit paru-paru yang sangat menular disebut TBC.

Dokter menggunakan antibiotik untuk melawan bakteri. Antibiotik menyelamatkan hidup manusia secara fantastis. Tanpa mereka, jutaan orang akan mati. Tindakan pencegahan lain seperti penanganan makanan antibakteri dan tangan bersih juga menjaga bakteri berbahaya tidak menjadi sumber yang memuakkan.

Tapi sebelum Anda buru-buru untuk mencelupkan tangan pada pembersih, ingat bahwa sebagian besar bakteri tidak berbahaya, atau bahkan menguntungkan. Bahkan, antibiotik bisa membahayakan dengan menghilangkan bakteri baik bersama dengan bakteri buruk. Dan ada banyak, banyak dan banyak bakteri baik.

Mulailah dengan tanaman dan tanah. Bakteri yang hidup pada tanaman mengubah nitrogen menjadi bentuk yang tanaman dapat gunakan untuk tumbuh. Beberapa bakteri sebenarnya membantu tanaman melawan infeksi. Dan itu bakteri yang memberikan kekayaan tanah yang sehat yang baik dan bersahaja.

Bakteri juga merupakan pendaur ulang yang baik. Bayangkan sebuah dunia di mana tanaman dan hewan yang mati hanya menumpuk. Kotor! Untungnya, bakteri bergerak cepat. Mereka memecah organisme mati.

Sebagian besar bakteri pada hewan juga bermanfaat. Di dalam tubuh Anda, bakteri membantu mencerna makanan. Beberapa, misalnya seperti Bacteroides thetaiotaomicron, membantu memecah materi tanaman.

Yang lainnya, Helicobacter pylori, membuat perut Anda menjadi terlalu asam. Bakteri ini juga sama membantu mengatur rasa lapar. Studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan Helicobacter pylori dapat menjadi lebih gemuk dibandingkan mereka yang memilikinya.