Perbedaan galaksi dan nebula

Nebula adalah awan debu antarbintang, sementara galaksi adalah kumpulan besar bintang. Ukuran galaksi jauh lebih besar dari ukuran nebula. Pembentukan bintang menyebabkan nebula. Nebula hadir dalam sebuah galaksi. Galaksi tidak bisa hadir dalam nebula.

Nebula dan galaksi yang berbeda dua hal yang hadir dalam alam semesta tempat kita hidup. Seringkali pemahaman nebula bingung dengan fitur lain dari ruang angkasa, terutama dari galaksi. Artikel ini menyoroti perbedaan antara keduanya.

Kata nebula adalah kata Latin yang berarti awan. Namun peran nebula bukan hanya ini. Nebula adalah awan debu antarbintang dan gas terionisasi lainnya khususnya helium dan hidrogen. Sebuah galaksi di sisi lain adalah koleksi bintang yang terikat bersama oleh gaya tarik gravitasi. Galaksi berisi sistem bintang, gugus bintang bersama dengan debu antarbintang.

Salah satu perbedaan mendasar antara keduanya adalah ukuran mereka. Ukuran galaksi umumnya memiliki lebih besar dan lebih tinggi dari ukuran nebula. Kedua, nebula hadir dalam sebuah galaksi. Namun, Galaksi tidak dapat terkandung dalam nebula.

Ketika banyak massa terakumulasi dalam nebula gaya tarik gravitasi akan meningkat dan nebula runtuh untuk membentuk bintang. Ini tidak terjadi dengan galaksi yang berarti bahwa galaksi secara keseluruhan tidak runtuh melahirkan bintang.

Galaksi ada dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda dan juga dengan kecerahan yang bervariasi. Mereka dengan demikian diklasifikasikan berdasarkan faktor-faktor tersebut. Umumnya mereka diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: (a) spiral (b) elips (c) tidak teratur. Nebula juga umumnya diklasifikasikan atas dasar struktur mereka. Ada klasifikasi Namun berbeda dibandingkan galaksi. Terutama nebula dikategorikan ke dalam empat jenis berikut: (a) emisi nebula (b) daerah HII (c) sisa-sisa supernova (d) nebula gelap.

Galaksi Andromeda

Meskipun tampaknya ironis tetapi di samping nebula yang terbentuk saat bintang mereka lahir juga dapat terbentuk ketika sebuah bintang meledak. Namun Galaksi tidak terbentuk selama ledakan tersebut.

Perbedaan lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa galaksi umumnya memiliki jangka hidup yang lebih lama dari dari nebula. Hal ini karena nebula adalah hanya satu hal dalam galaksi besar yang dapat merupakan hingga lebih dari jutaan bintang. Kehidupan galaksi demikian terhubung dengan kehidupan semua bintang di dalamnya. Ini juga berarti bahwa jika galaksi meledak, jutaan atau miliaran bintang akan mati dengan itu, tapi nebula hanya menyebabkan kematian satu bintang.

Galaksi juga ditemukan di ruang angkasa dalam bentuk cluster atau kelompok, tidak ada pola tersebut belum diamati untuk nebula.

Galaksi dan nebula adalah fitur yang berbeda dari alam semesta yang luas sehingga kita hidup disana. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahwa mereka berbeda jauh dengan ukuran dan sementara, galaksi memiliki banyak bintang, nebula hanyalah awal atau akhir dari satu bintang.

Ringkasan:

1. Nebula adalah awan debu antarbintang, sementara galaksi adalah kumpulan besar bintang.
  2. Ukuran galaksi jauh lebih besar dari ukuran nebula.
  3. Pembentukan bintang menyebabkan nebula.
  4. Nebula hadir dalam sebuah galaksi. Galaksi tidak bisa hadir dalam nebula.
  5. Nebula diklasifikasikan menjadi emisi, wilayah HII, sisa supernova dan gelap.
  6. Galaksi diklasifikasikan menjadi spiral, elips dan tidak teratur.
  7. Galaksi hidup lebih lama dari nebula.
  8. Kehidupan beberapa bintang yang terhubung dengan kehidupan galaksi sementara kehidupan hanya satu bintang dikaitkan dengan nebula.
  9. Galaksi dapat ditemukan dalam cluster di ruang angkasa.