Perbedaan Antara Fruktosa dan Gula

Fruktosa adalah jenis gula sederhana. Ini adalah monosakarida, bersama dengan gula lain seperti glukosa dan galaktosa. Fruktosa diproduksi secara alami oleh buah-buahan dan sayuran. Namun, perusahaan makanan lebih memilih untuk memanfaatkan fruktosa artifisial atau buatan.
Advertisement

Anda pasti pernah mendengar banyak tentang gula, dari bagaimana memelihara tubuh dan bagaimana dapat berbahaya jika diminum dalam jumlah besar. Gula hadir dalam bahan makanan manis seperti cokelat, kue, dan permen. Ketika kata ‘gula’ disebutkan, orang akan secara otomatis ingat rasa manis.

Ada banyak jenis gula, dan kadang-kadang, orang cenderung mengalami kesalahan tafsir antara satu dengan yang lain. Gula meja dan gula sederhana, misalnya, berbeda satu sama lain. Gula sederhana, glukosa, adalah monosakarida, sedangkan gula meja, atau sukrosa, adalah disakarida. Glukosa adalah bentuk dasar gula, bersama dengan dua monosakarida lainnya, yaitu galaktosa dan fruktosa.

Fruktosa pertama kali diidentifikasi oleh Augustin Dubrunfault pada tahun 1847. Fruktosa adalah benjolan putih yang dapat larut dalam air karena kelarutan air yang tinggi. Banyak permen mengandung fruktosa, seperti buah-buahan pohon, madu, melon, dan berbagai jenis sayuran akar. Fruktosa biasanya disertai dengan gula sederhana seperti glukosa. Ketika fruktosa dan glukosa bergabung, mereka membentuk sukrosa disakarida.

Advertisement

Dapat dikatakan bahwa fruktosa adalah yang paling populer di antara semua gula karena terjangkau, dan juga gula yang manis saat dicicipi. Ketika diambil bersamaan dengan gula lainnya, rasa manis dari fruktosa dengan Biaya rendah mengintegrasikan fruktosa dalam bahan pangan telah memungkinkan perusahaan makanan untuk mencampur banyak fruktosa ke dalam produk mereka untuk mencapai rasa manisnya.

Fruktosa diproduksi secara alami oleh buah-buahan dan sayuran seperti stroberi, tomat, gula bit, bawang, dan terutama tebu. Karena kemajuan teknologi, namun, perusahaan makanan lebih memilih untuk memanfaatkan fruktosa artifisial buatan. Minuman olahan yang mengandung jumlah tinggi fruktosa adalah sirup jagung adalah jus buah.

Ada dua bentuk populer dari fruktosa artifisial, yaitu tinggi fruktosa adalah sirup jagung fruktosa dan kristal. Yang terakhir ini terdiri hanya dari fruktosa dalam bentuk monosakarida, sementara sirup jagung mengandung campuran glukosa juga. Ketika gula meja dicerna oleh tubuh, sifat disakarida akan dipecah, sehingga melepaskan baik fruktosa dan glukosa.

Sebuah keuntungan yang signifikan dari fruktosa lebih gula lainnya adalah bahwa itu tidak menyebabkan kenaikan yang signifikan pada tekanan darah, seperti gula lain yang, pada asupan, dapat dengan mudah memicu peningkatan tekanan darah. Namun, seperti gula lainnya, fruktosa tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Perbedaan lain dari fruktosa dari gula lainnya adalah bahwa hal itu dicerna dalam hati. Gula lain seperti glukosa diproses dalam aliran darah seseorang untuk memfasilitasi pelepasan insulin. Ketika ada terlalu banyak fruktosa, hati menolak beberapa dan melepaskan kelebihan gula ke dalam aliran darah. Kelebihan fruktosa diubah menjadi trigliserida. Kelimpahan trigliserida dapat menyebabkan penyakit jantung. Itu sebabnya asupan fruktosa seseorang harus diatur.

Ringkasan:

  1. Fruktosa adalah jenis gula sederhana. Ini adalah monosakarida, bersama dengan gula lain seperti glukosa dan galaktosa.
  2. Glukosa dan fruktosa bergabung untuk membentuk sukrosa, disakarida.
  3. Fruktosa pertama kali diidentifikasi oleh Augustin Dubrunfault pada tahun 1847. Fruktosa adalah benjolan putih yang dapat larut dalam air karena kelarutan air yang tinggi.
  4. Fruktosa adalah yang paling populer di antara semua gula karena terjangkau, dan juga gula yang paling manis untuk dicicipi.
  5. Fruktosa diproduksi secara alami oleh buah-buahan dan sayuran. Namun, perusahaan makanan lebih memilih untuk memanfaatkan fruktosa artifisial atau buatan.
  6. Ada dua bentuk populer dari fruktosa buatan, yaitu tinggi fruktosa sirup jagung dan fruktosa kristal.
  7. Sebuah keuntungan yang signifikan fruktosa lebih dari gula lainnya adalah tidak menyebabkan kenaikan yang signifikan pada tekanan darah. Namun, asupan fruktosa terlalu banyak dapat menyebabkan pembentukan trigliserida, yang buruk bagi kesehatan seseorang.

Advertisement

Facebook Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *