Penjelasan teori evolusi charles darwin

Teori evolusi melalui seleksi alam, pertama kali dirumuskan dalam buku Darwin "On the Origin of Species" pada tahun 1859, adalah proses dimana organisme berubah dari waktu ke waktu sebagai akibat dari perubahan sifat fisik atau perilaku yang diwariskan.

Perubahan akan memungkinkan suatu organisme untuk lebih beradaptasi dengan lingkungannya akan membantu bertahan dan memiliki lebih banyak keturunan.

Evolusi oleh seleksi alam adalah salah satu teori terbaik yang dibuktikan dalam sejarah ilmu pengetahuan, didukung oleh bukti-bukti dari berbagai disiplin ilmu, termasuk paleontologi, geologi, genetika dan biologi perkembangan.

Teori ini memiliki dua poin utama, kata Brian Richmond, kurator asal-usul manusia di Museum Sejarah Alam Amerika di New York City. “Semua kehidupan di Bumi terhubung dan terkait satu sama lain,” dan keragaman kehidupan ini adalah produk dari “modifikasi dari populasi oleh seleksi alam, di mana beberapa ciri yang disukai dan lingkungan atas yang lain,” katanya.

Lebih sederhananya, teori dapat digambarkan sebagai “keturunan dengan modifikasi,” kata Briana Pobiner, seorang antropolog dan pendidik di Museum Nasional Smithsonian Institution of Natural History di Washington, DC, yang mengkhususkan diri dalam studi asal-usul manusia.

Teori ini kadang-kadang digambarkan sebagai “survival of the fittest,” tapi itu bisa menyesatkan, kata Pobiner. Di sini, “kebugaran” tidak merujuk kepada kekuatan suatu organisme atau kemampuan atletik, melainkan kemampuan untuk bertahan hidup dan bereproduksi.

Asal mula paus

Dalam edisi pertama “The Origin of Species” pada tahun 1859, Charles Darwin berspekulasi tentang bagaimana seleksi alam dapat menyebabkan mamalia darat menjadi berubah menjadi ikan paus. Sebagai contoh hipotetis, Darwin menggunakan beruang hitam Amerika Utara, yang dikenal untuk menangkap serangga dengan berenang di air dengan mulut terbuka:

“Saya tidak melihat kesulitan dalam perlombaan beruang yang diberikan, oleh seleksi alam, lebih banyak air dalam struktur dan kebiasaan mereka, dengan badan besar dan mulut besar, sampai makhluk raksasa diproduksi yang dikenal sebagai ikan paus,” ia berspekulasi.

Idenya tidak berjalan sangat baik bagi publik. Darwin sangat malu dengan ejekan ia menerima sehingga bagian beruang berenang telah dihapus pada edisi selanjutnya dari buku ini.

Para ilmuwan sekarang tahu bahwa Darwin memiliki ide yang tepat tetapi hewan yang salah: Daripada melihat beruang, ia seharusnya telah melihat sapi dan kuda nil.

Cerita tentang asal-usul paus adalah salah satu kisah evolusi yang paling menarik dan salah satu contoh terbaik ilmuwan tentang seleksi alam.

evolusi paus
Terakhir makhluk pantai yang tinggal sebagai nenek moyang paus modern adalah Sinonyx, kiri atas, hewan seperti hyena. Lebih dari 60 juta tahun, beberapa bentuk transisi berevolusi: dari atas ke bawah, Indohyus, Ambulocetus, Rodhocetus, Basilosaurus, Dorudon, dan akhirnya, paus modern.

Seleksi alam

Untuk memahami asal-usul paus, itu perlu untuk memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana seleksi alam bekerja. Seleksi alam dapat mengubah suatu spesies dengan cara kecil, menyebabkan populasi yang akan mengubah warna atau ukuran selama beberapa generasi. Ini disebut “evolusi mikro.”

Tapi seleksi alam juga mampu lebih banyak. Mengingat waktu yang cukup dan cukup mengalami akumulasi perubahan, seleksi alam dapat membuat spesies yang sama sekali baru, yang dikenal sebagai “evolusi makro.” Hal ini dapat mengubah dinosaurus menjadi burung, mamalia amfibi menjadi Paus dan nenek moyang kera menjadi manusia.

Ambil contoh paus – menggunakan evolusi sebagai panduan mereka dan mengetahui cara kerja seleksi alam, ahli biologi tahu bahwa transisi paus awal dari darat ke air terjadi dalam serangkaian langkah yang dapat diprediksi. Evolusi lubang sembur, misalnya, mungkin terjadi dengan cara berikut:

Perubahan genetik secara acak mengakibatkan setidaknya satu ikan paus yang memiliki lubang hidungnya ditempatkan jauh kembali di atas kepalanya. Hewan-hewan dengan adaptasi ini akan menjadi lebih cocok untuk gaya hidup laut, karena mereka tidak akan harus benar-benar muncul ke permukaan untuk bernapas. Hewan tersebut akan lebih sukses dan memiliki lebih banyak keturunan. Dalam generasi kemudian, perubahan yang lebih genetik terjadi, hidung bergerak menjauh kembali dari kepala.

Bagian tubuh paus awal lainnya juga berubah. Kaki depan menjadi sirip. Kaki belakang menghilang. Tubuh mereka menjadi lebih ramping dan mereka mengembangkan ekor cacing untuk lebih mendorong diri melalui air.

Darwin juga menggambarkan bentuk seleksi alam yang tergantung pada keberhasilan suatu organisme untuk menarik pasangan, proses yang dikenal sebagai seleksi seksual. Bulu warna-warni burung merak dan tanduk rusa jantan adalah contoh dari sifat-sifat yang berkembang di bawah jenis seleksi.

Tapi Darwin bukan yang pertama atau hanya ilmuwan untuk mengembangkan teori evolusi. Ahli biologi Perancis Jean-Baptiste Lamarck datang dengan gagasan bahwa organisme bisa menularkan sifat-sifat kepada keturunannya, meskipun dia salah tentang beberapa rincian. Dan sekitar waktu yang sama seperti Darwin, ahli biologi Inggris Alfred Russel Wallace secara terpisah datang dengan teori evolusi melalui seleksi alam.

Pemahaman modern

Darwin tidak tahu apa-apa tentang genetika, kata Pobiner. “Dia mengamati pola evolusi, tapi dia tidak benar-benar tahu tentang mekanisme.” Yang datang kemudian, dengan penemuan bagaimana gen mengkodekan sifat biologis atau perilaku yang berbeda, dan bagaimana gen diwariskan dari orang tua ke anaknya. Penggabungan genetika dan teori Darwin dikenal sebagai “sintesis evolusi modern.”

Perubahan fisik dan perilaku yang membuat seleksi alam mungkin terjadi pada tingkat DNA dan gen. Perubahan seperti ini disebut mutasi. “Mutasi pada dasarnya bahan baku untuk evolusi bertindak,” kata Pobiner.

Mutasi dapat disebabkan oleh kesalahan acak dalam replikasi DNA atau perbaikan, atau dengan kerusakan kimia atau radiasi. Sering kali, mutasi yang baik berbahaya atau netral, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, mutasi mungkin terbukti bermanfaat bagi organisme. Jika demikian, itu akan menjadi lebih umum pada generasi berikutnya dan menyebar ke seluruh populasi.

Dengan cara ini, seleksi alam memandu proses evolusi, melestarikan dan menambahkan mutasi yang menguntungkan dan menolak yang buruk. “Mutasi adalah acak, tapi pilihan bagi mereka adalah tidak acak,” kata Pobiner.

Tapi seleksi alam bukanlah satu-satunya mekanisme yang organisme berkembang, katanya. Sebagai contoh, gen dapat ditransfer dari satu populasi ke yang lain ketika organisme bermigrasi atau pindah, proses yang dikenal sebagai aliran gen. Dan frekuensi gen tertentu juga dapat mengubah secara acak, yang disebut pergeseran genetik.

Sebuah kekayaan bukti

Meskipun para ilmuwan bisa memprediksi Paus awal akan terlihat seperti apa, mereka tidak memiliki bukti fosil untuk mendukung klaim mereka. Kreasionis mengambil ketiadaan ini sebagai bukti bahwa evolusi tidak terjadi. Mereka mengejek gagasan bahwa tidak pernah sesuatu bisa terjadi seperti paus berjalan. Namun sejak awal 1990-an, itulah apa yang para ilmuwan telah temukan.

Bagian penting dari bukti datang pada tahun 1994, ketika ahli paleontologi menemukan sisa-sisa fosil Ambulocetus natans, hewan yang namanya secara harfiah berarti “ikan paus berenang-berjalan.” Anggota tubuh bagian depan yang memiliki jari-jari dan kuku kecil tapi kaki belakangnya sangat besar mengingat ukurannya. Itu jelas diadaptasi untuk berenang, tapi itu juga mampu bergerak kikuk di darat, seperti stempel.

Ketika berenang, makhluk kuno bergerak seperti berang-berang, mendorong kembali dengan kaki belakangnya dan tulang belakang dan ekor bergelombang.

Paus modern mendorong diri melalui air dengan ketukan kuat dari ekor horisontal, tetapi Ambulocetus masih memiliki ekor seperti cambuk dan harus menggunakan kakinya untuk memberikan sebagian besar kekuatan pendorong yang dibutuhkan untuk bergerak melalui air.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak spesies transisi ini, atau “rantai yang hilang,” telah ditemukan, memberikan dukungan lebih lanjut untuk teori Darwin, kata Richmond.

Kontroversi

Meskipun kekayaan bukti dari catatan fosil, genetika dan bidang ilmu lainnya, beberapa orang masih mempertanyakan validitasnya. Beberapa politisi dan pemimpin agama mengecam teori, menyebut sesuatu yang lebih tinggi sebagai desainer untuk menjelaskan dunia yang kompleks dengan makhluk hidup, terutama manusia.

Dewan sekolah memperdebatkan apakah teori evolusi harus diajarkan bersama ide-ide lain, seperti desain cerdas atau penciptaan.

Ilmuwan Mainstream tidak melihat kontroversi. “Banyak orang memiliki keyakinan agama yang mendalam dan juga menerima evolusi,” kata Pobiner, menambahkan, “akan ada rekonsiliasi nyata.”

Evolusi ini didukung oleh banyak contoh perubahan di berbagai spesies yang mengarah ke keanekaragaman kehidupan dilihat hari ini. “Jika seseorang benar-benar bisa menunjukkan penjelasan yang lebih baik daripada evolusi dan seleksi alam, [orang itu] akan menjadi Darwin baru,” kata Richmond.