Contoh, sumber nutrisi dan peran nutrisi

Karbohidrat, protein, dan lipid menyediakan energi dan memiliki peran penting lainnya dalam tubuh. Lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan Anda daripada lemak trans atau lemak jenuh.
Advertisement

Nutrisi apa yang terdapat pada makanan ini? Ada banyak nutrisi yang berbeda yang hadir dalam makanan ini. Misalnya, steak merupakan sumber protein. Kentang goreng merupakan sumber karbohidrat. Kedua nutrisi ini membantu memasok tubuh dengan energi.

Nutrisi

Karbohidrat, protein, dan lemak mengandung energi. Ketika tubuh Anda mencerna makanan, itu memecah molekul nutrisi ini. Ini melepaskan energi sehingga tubuh Anda dapat menggunakannya.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang meliputi gula, pati, dan serat. Ada dua jenis karbohidrat: sederhana dan kompleks. Digambarkan di bawah ini adalah beberapa makanan yang merupakan sumber yang baik dari karbohidrat (Gambar di bawah).

Advertisement

Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana adalah gula kecil yang ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan dan susu. Gula yang ditemukan dalam buah-buahan disebut fruktosa. Gula yang ditemukan dalam susu disebut laktosa. Gula ini dipecah oleh tubuh untuk membentuk glukosa (C6 H12 O6), gula sederhana dari semua.

sumber karbohidrat
Sampai usia 13 tahun, Anda membutuhkan sekitar 130 gram karbohidrat per hari. Sebagian besar karbohidrat harus kompleks. Mereka dipecah oleh tubuh lebih lambat dari karbohidrat sederhana. Oleh karena itu, mereka memberikan energi lebih lama dan lebih mantap.

Dari mana glukosa berasal? Ingat glukosa yang merupakan produk fotosintesis, sehingga beberapa organisme seperti tanaman mampu membuat glukosa mereka sendiri. Karena hewan tidak bisa berfotosintesis, mereka harus makan untuk mendapatkan karbohidrat. Melalui proses respirasi seluler, glukosa diubah oleh sel menjadi energi yang dapat digunakan oleh sel (ATP).

Karbohidrat kompleks

Pati adalah karbohidrat besar dan kompleks yang terbuat dari ribuan unit glukosa (monomer) bergabung bersama-sama. Pati yang ditemukan dalam makanan seperti sayuran dan biji-bijian. Pati dipecah oleh tubuh menjadi gula yang memberikan energi.

Serat adalah jenis lain dari besar, karbohidrat kompleks yang dicerna sebagian. Tidak seperti gula dan pati, serat tidak memberikan energi. Namun, ia memiliki peran penting lainnya dalam tubuh. Misalnya, serat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda. Mengonsumsi makanan tinggi serat juga membantu mengisi Anda tanpa memberikan terlalu banyak kalori. Sebagian besar buah dan sayuran yang tinggi serat. Beberapa contoh yang digambarkan di bawah (Gambar di bawah).

makanan sumber serat
Antara usia 9 dan 13 tahun, anak perempuan membutuhkan sekitar 26 gram serat per hari, dan anak laki-laki membutuhkan sekitar 31 gram serat per hari.

Protein

Protein adalah nutrisi yang terdiri dari molekul yang lebih kecil yang disebut asam amino. Ingat bahwa ada 20 asam amino yang berbeda diatur seperti “manik-manik pada tali” untuk membentuk protein. Rantai asam amino ini kemudian dilipat menjadi molekul tiga dimensi, memberikan protein fungsi tertentu. Protein memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. Misalnya, protein membuat antibodi, serat otot dan enzim yang membantu proses kontrol sel dan tubuh. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup protein dalam makanan Anda untuk mendapatkan asam amino yang diperlukan untuk membuat protein Anda.

Jika Anda makan lebih dari yang Anda butuhkan untuk tujuan ini, protein tambahan digunakan untuk energi. Gambar di bawah menunjukkan berapa gram protein yang Anda butuhkan setiap hari (Gambar di bawah). Hal ini juga menunjukkan beberapa makanan yang merupakan sumber protein yang baik.

makanan sumber protein
Antara usia 9 dan 13 tahun, Anda membutuhkan sekitar 34 gram protein per hari. Laut dan telur merupakan sumber protein lain yang baik.

Lipid

Lipid adalah nutrisi, seperti lemak yang menyimpan energi. Lipid juga memiliki beberapa peran lain dalam tubuh. Misalnya, lipid melindungi saraf dan membuat membran yang mengelilingi sel.

Lemak adalah salah satu jenis lipid. Lemak yang tersimpan memberikan energi tubuh Anda gunakan untuk nanti. Ini seperti memiliki uang dalam rekening tabungan: itu ada jika Anda membutuhkannya. Lemak yang tersimpan juga sebagai bantal dan melindungi organ-organ internal. Selain itu, sebagai insultor tubuh. Ini membantu membuat Anda tetap hangat dalam cuaca dingin.

Ada dua jenis utama dari lemak, jenuh dan tak jenuh.

  1. Lemak jenuh bisa sehat, bahkan dalam jumlah yang sangat kecil. Mereka ditemukan terutama dalam makanan hewani, seperti daging, susu, dan telur. Jadi meskipun makanan ini merupakan sumber yang baik dari protein, mereka harus dimakan dalam jumlah terbatas. Lipid jenuh meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung.
  2. Lemak tak jenuh banyak terkandung dalam makanan nabati, seperti minyak sayur, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Lipid tak jenuh juga ditemukan pada ikan, seperti salmon. Lipid tak jenuh yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk kesehatan yang baik. Sebagian besar lipid dalam diet Anda harus tak jenuh.

Tipe lain dari lipid disebut lemak trans. Lemak trans diproduksi dan ditambahkan ke makanan tertentu untuk menjaga mereka segar lebih lama. Makanan yang mengandung lemak trans termasuk kue, makanan yang digoreng, dan margarin. Makan makanan yang mengandung lemak trans meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dimulai dengan Denmark pada tahun 2003, banyak negara sekarang membatasi jumlah lemak trans yang dapat di produk makanan atau melarang produk ini semua bersama-sama. Pada tanggal 1 Januari 2008, Calgary menjadi kota pertama di Kanada yang melarang lemak trans digunakan di restoran dan makanan cepat saji. Mulai tahun 2010, California melarang lemak trans dari produk restoran, dan pada tahun 2011, pelarangan diseluruh ritel makanan yang dipanggang.

Ringkasan

Karbohidrat, protein, dan lipid menyediakan energi dan memiliki peran penting lainnya dalam tubuh. Lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan Anda daripada lemak trans atau lemak jenuh.

Advertisement

Facebook Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *