Perbedaan Sukrosa dan fruktosa

Banyak orang saat ini sadar tentang kolesterol mereka dan asupan lemak, sebagian besar tidak menyadari bahaya mengkonsumsi gula. Ini sangat mengkhawatirkan karena akan meningkatkan efek mengerikan dari penggunaan berlebihan gula.
Advertisement

Gula merupakan salah satu penyebab utama obesitas, Sindrom Metabolik dan Diabetes. Menurut beberapa penelitian, epidemi di seluruh dunia dari penyakit mengkonsumsi gula memiliki lebih banyak resiko daripada lemak. Jangan sebut saya salah, gula tidak benar-benar buruk dan Anda tidak harus menghindarkan diri dengan itu.

Bahkan, jenis yang tepat dan jumlah asupan gula memberi kita energi untuk melakukan semua hal yang kita ingin lakukan. Namun, kelebihan konsumsi dapat mengerikan – dapat melakukan banyak bahayanya daripada baiknya. Pada titik ini, adalah wajar bagi Anda untuk memahami apa itu gula dan terbuat dari apa mereka.

Gula adalah karbohidrat. Seperti karbohidrat, gula sederhana ini berbagi sifat yang unik di mana molekul terhubung bersama-sama untuk membentuk karbohidrat yang lebih kompleks. Gula dalam bentuk yang paling sederhana dikenal sebagai monosakarida dan ketika dua molekul gula sederhana terhubung bersama-sama mereka membentuk satu molekul yang lebih kompleks, disebut sebagai Disakarida. Mungkin Anda telah mendengar beberapa gula dari karbohidrat sederhana, seperti glukosa atau fruktosa dan yang lebih kompleks seperti sukrosa atau yang biasa dikenal sebagai gula meja. Sukrosa sebenarnya adalah molekul glukosa dan fruktosa yang melekat bersama-sama.

Advertisement

Hal ini penting untuk mengetahui jenis gula untuk membuat pilihan yang tepat dan menghindari semua efek berbahaya yang dapat mereka bawa.

Sukrosa

Seperti disebutkan Sukrosa adalah karbohidrat Disakarida. Sukrosa terbentuk ketika molekul fruktosa dan glukosa terhubung bersama-sama. Sayuran dan buah-buahan mengandung gula dan berlimpah ditemukan dalam tebu dan gula bit. Industri makanan memisahkan gula ini dari tanaman ini menghasilkan gula olahan seperti gula meja (sukrosa) dan jenis lain dari pemanis.

Selama pencernaan, disakarida akan rusak ke dalam bentuk yang paling sederhana oleh enzim yang dikenal sebagai sukrase sehingga lebih mudah diserap, yang dalam hal ini, glukosa dan fruktosa. Monosakarida diserap ke dalam aliran darah dan menyebabkan peningkatan pesat dalam kadar glukosa darah, yang dapat menjadi masalah bagi mereka yang menderita Diabetes.

Fruktosa

Fruktosa dikenal banyak orang sebagai gula buah. Ini adalah salah satu dari tiga monosakarida dalam makanan (dua lainnya adalah glukosa dan galaktosa). Fruktosa dapat eksis sebagai monosakarida tapi juga bisa menjadi komponen sukrosa. Ini adalah gula yang paling baik yang larut dalam air dan langsung diserap ke dalam aliran darah selama proses pencernaan.

Fruktosa adalah gula alami yang ditemukan berlimpah dalam buah-buahan seperti berry dan akar tanaman. Hal ini juga ditemukan dalam madu. Selain itu, Fruktosa juga bisa berasal dari jagung, tebu dan gula bit. Umumnya, ada tiga turunan dari jenis ini.

Perbedaan Sukrosa dan fruktosa

Biasanya, fruktosa disimpan dalam hati sebagai glikogen dan hati dapat menangani asupan harian gula semacam ini hingga 50-100 gram. Namun, kelebihan fruktosa dapat merangsang lipogenesis atau dikenal sebagai akumulasi lemak untuk menyimpan gula tambahan. Ini adalah alasan utama mengapa orang-orang yang mengkonsumsi makanan tinggi kandungan gula menjadi lemak atau obesitas. Tapi perhatikan ini, buah mengandung 5-7 gram fruktosa, sehingga Anda harus mengambil banyak hal untuk menjenuhkan hati. Sebaliknya, minuman berkarbonasi dan jus yang paling manis mengandung lebih dari 50 gram fruktosa bersama dengan gula kompleks lainnya. Jadi, banyak mengkonsumsi ini dan makanan lain yang tinggi gula dapat membuat Anda gemuk dalam waktu singkat.

Advertisement

Facebook Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *