Fungsi sukrosa

Tanaman menghasilkan sukrosa selama fotosintesis, sehingga menjadikannya sebagai gula yang paling melimpah di alam. Tebu dan gula bit yang sangat kaya sumber sukrosa, sehingga sukrosa diekstrak untuk menghasilkan gula pasir.
Advertisement

Sukrosa dalam bentuk apapun memberi Anda dorongan energi, tapi itu akan menjadikan Anda sehat ketika datang dari buah-buahan dan sayuran alami. Semua gula akan terbuat dari tiga bahan penyusun dasar – karbon, hidrogen dan oksigen – terhubung untuk membentuk struktur yang berbeda.

Sukrosa terdiri dari satu molekul glukosa terhubung ke satu molekul fruktosa. Hubungan antara molekul, yang disebut jembatan oksigen asetal, membuat sukrosa adalah gula non-reduksi, yang berarti kurang reaktif daripada kebanyakan gula lainnya. Ini tidak mempengaruhi pencernaan atau fungsi dalam tubuh Anda, tapi itu membuat perbedaan selama memasak. Karena itu non-reduksi, sukrosa tidak dapat berpartisipasi dalam perubahan kimia yang disebut reaksi Maillard – ini memungkinkan gula lain untuk berinteraksi dengan asam amino dalam makanan.

Energi untuk Tubuh Anda

Sukrosa memiliki satu pekerjaan penting yakni untuk melakukan: Menyediakan energi bagi tubuh Anda. Ketika Anda mengkonsumsi sukrosa, enzim pencernaan memecah ikatan antara fruktosa dan glukosa, dan dua gula ini memasuki sistem Anda. Ketika glukosa mencapai aliran darah, insulin mengangkut ke dalam sel-sel di seluruh tubuh Anda, di mana itu diubah menjadi energi. Fruktosa dimetabolisme di hati, di mana itu berubah menjadi lemak. Lemak dapat digunakan untuk energi atau disimpan dalam jaringan adiposa, tetapi juga dapat terakumulasi dalam hati dan berpotensi menimbulkan masalah.

Advertisement

Dampak terhadap Gula Darah

Indeks glisemik mengukur berapa banyak makanan yang mengandung karbohidrat akan meningkatkan gula darah Anda. Makanan yang dinilai menggunakan skala nol sampai 100, di mana 100 sama dengan lonjakan besar disebabkan oleh glukosa. Dengan beberapa pengecualian, seperti sayuran berpati, buah-buahan dan sayuran yang mengandung sukrosa memiliki nilai glikemik rendah karena kandungan seratnya memperlambat penyerapan karbohidrat.

Bahkan sebagai pemanis, fruktosa memiliki skor glikemik rendah 23, yang membantu menyeimbangkan skor glikemik tinggi glukosa ketika mereka dikombinasikan untuk membuat sukrosa. Dalam bentuk tabel gula, sukrosa memiliki skor 65, yang menempatkan di bagian atas dari kisaran moderat.

Sukrosa
Sukrosa, atau gula meja, merupakan sumber utama gula yang ditambahkan dalam makanan

Kekhawatiran Kesehatan

Ketika Anda makan buah-buahan dan sayuran, mereka menyediakan sukrosa alami sumber energi yang sehat karena itu bagian dari makanan yang kaya nutrisi penting lainnya. Tapi masalah kesehatan dapat timbul jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak sukrosa, apakah itu berasal dari sesendok gula meja yang diaduk menjadi teh atau makanan penutup yang manis. Kalori dari tambahan sukrosa – 16 kalori dalam 1 sendok teh, atau 4 gram – juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan, yang meningkatkan resiko terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular. Perempuan harus membatasi konsumsi gula tambahan tidak lebih dari 6 sendok teh setiap hari, sedangkan laki-laki harus di bawah 9 sendok teh, menurut American Heart Association.

Advertisement

Facebook Twitter

2 thoughts on “Fungsi sukrosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *