Fungsi Karbohidrat bagi tubuh manusia

Karbohidrat adalah pokok dari diet yang seimbang, karena mereka menyediakan bahan bakar bagi tubuh dan pikiran. Karbohidrat - bersama dengan protein dan lemak - menjaga tubuh beroperasi pada tingkat optimal ketika mereka dimakan.
Advertisement

Untuk mencapai tingkat ini, seseorang harus memahami apa itu karbohidrat dan bagaimana fungsinya dalam tubuh. Karbohidrat adalah gula yang dipecah dalam tubuh. Gula ini baik karbohidrat kompleks atau karbohidrat sederhana, tergantung pada bahan utama makanan dan berapa lama tubuh diperlukan untuk mencerna bahan-bahan tersebut.

Fungsi umum Karbohidrat

Karbohidrat memberikan tubuh dengan energi. Jumlah “energi” tubuh yang diterima didasarkan pada berapa banyak kalori, atau unit energi, tubuh yang diambil. Karbohidrat mengandung sekitar empat kalori per gram, yang berarti bahwa setiap gram memberikan tubuh dengan empat unit energi.

Fungsi karbohidrat untuk Produksi energi

Peran utama karbohidrat adalah untuk menyediakan energi untuk semua sel dalam tubuh. Umumnya sel lebih banyak menggunakan glukosa sebagai sumber energi dibandingkan senyawa lain seperti asam lemak. Beberapa sel, seperti sel-sel darah merah, hanya mampu menghasilkan energi sel dari glukosa. Otak juga sangat sensitif terhadap kadar glukosa darah rendah karena hanya menggunakan glukosa untuk menghasilkan energi dan berfungsi (kecuali dalam kondisi kelaparan yang ekstrim).

Advertisement

Sekitar 70 persen dari glukosa memasuki tubuh dari pencernaan yang didistribusikan (oleh hati) kembali ke dalam darah untuk digunakan oleh jaringan lain. Sel-sel yang membutuhkan energi menghapus glukosa dari darah dengan protein transport pada membran mereka. Energi dari glukosa berasal dari ikatan kimia antara atom karbon. Energi sinar matahari yang diperlukan untuk menghasilkan ikatan berenergi tinggi ini dalam proses fotosintesis. Sel dalam tubuh kita memutuskan ikatan ini dan menangkap energi untuk melakukan respirasi sel.

Respirasi sel pada dasarnya adalah pembakaran terkendali glukosa versus pembakaran tidak terkendali. Sebuah sel menggunakan banyak reaksi kimia dalam beberapa langkah enzimatik untuk memperlambat pelepasan energi (tidak ada ledakan) dan lebih efisien menangkap energi yang terkandung dalam ikatan kimia glukosa.

Tahap pertama dalam pemecahan glukosa disebut glikolisis. Glikolisis, atau membelah glukosa, terjadi dalam serangkaian rumit sepuluh langkah reaksi enzimatik. Tahap kedua dari pemecahan glukosa terjadi pada organel pabrik energi, yang disebut mitokondria. Energi dari ikatan karbon tersebut dihantarkan ke daerah lain dari mitokondria, membuat energi sel tersedia bagi sel dalam bentuk yang dapat digunakan.

Fungsi karbohidrat untuk membangun makromolekul

Meskipun sebagian besar glukosa yang diserap digunakan untuk membuat energi, beberapa glukosa dikonversi menjadi ribosa dan deoksiribosa, yaitu bahan bangunan penting dari makromolekul penting, seperti RNA, DNA, dan ATP. Glukosa tambahan digunakan untuk membuat molekul NADPH, yang penting untuk perlindungan terhadap stres oksidatif dan digunakan dalam banyak reaksi kimia lain dalam tubuh. Jika semua energi, kapasitas menyimpan glikogen, dan kebutuhan pembangunan tubuh terpenuhi, kelebihan glukosa dapat digunakan untuk membuat lemak.

Fungsi karbohidrat untuk menyimpan energi

Jika tubuh sudah memiliki energi yang cukup untuk mendukung fungsinya, kelebihan glukosa disimpan sebagai glikogen (yang sebagian besar disimpan dalam otot dan hati). Sebuah molekul glikogen mungkin berisi lebih dari lima puluh ribu unit glukosa tunggal dan sangat bercabang, yang memungkinkan untuk penyebaran cepat glukosa ketika dibutuhkan untuk membuat energi sel.

Jumlah glikogen dalam tubuh pada satu waktu adalah setara dengan sekitar 4.000 kilokalori-3.000 dalam jaringan otot dan 1.000 dalam hati. Penggunaan otot yang berkepanjangan (seperti olahraga selama lebih dari beberapa jam) dapat menguras cadangan energi glikogen. Melemahnya otot karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mengubah energi kimia dalam asam lemak dan protein menjadi energi yang dapat digunakan dari glukosa. Setelah latihan berkepanjangan, glikogen hilang dan otot harus lebih mengandalkan lemak dan protein sebagai sumber energi. Atlet dapat meningkatkan cadangan glikogen mereka secara sederhana dengan mengurangi intensitas latihan dan meningkatkan asupan karbohidrat mereka antara 60 dan 70 persen dari total kalori tiga sampai lima hari sebelum kegiatan.

Pemakaian

Bahwa karbohidrat yang digunakan sebagai energi, tubuh dapat menggunakannya dalam berbagai cara. Hal ini dapat membakar karbohidrat melalui latihan atau kegiatan fisik sehari-hari lainnya. Hal ini juga dapat menggunakan energi untuk bahan bakar organ tubuh, termasuk jantung, otot, hati dan otak. Jika lebih banyak karbohidrat yang dikonsumsi daripada yang dapat terbakar, namun karbohidrat yang disimpan menjadi lemak.

Karbohidrat
Karbohidrat adalah gula yang dipecah dalam tubuh yang berfungsi sebagai sumber energi

Tujuan

Karena mereka biasanya kekurangan nutrisi, karbohidrat sederhana menyediakan ledakan singkat energi yang cepat diikuti dengan “kecelakaan.” Kecelakaan ini terjadi karena gula sederhana menyebabkan gula darah seseorang melonjak, sehingga memberikan ilusi bahwa tubuh telah benar didorong dan siap untuk mengerahkan lebih banyak energi. Karbohidrat sederhana yang sangat mudah dan cepat untuk dipecah, bagaimanapun, dan sekali ini terjadi gula darah biasanya merosot lebih rendah dari itu sebelum memakan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks, di sisi lain, dapat menstabilkan gula darah karena proses mencerna mereka lebih panjang dan lebih sulit.

Contoh

Karbohidrat sederhana termasuk makanan yang sebagian besar terdiri dari gula, termasuk cokelat, kue, permen, soda, madu, selai dan jeli. Banyak buah-buahan juga dikategorikan sebagai karbohidrat sederhana karena mereka secara alami tinggi gula. Ini termasuk melon, jeruk, berry, apel, anggur, kiwi, persik, dan pir. Karbohidrat kompleks meliputi makanan yang terdiri dari pati dan serat, seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, beras dan oatmeal.

Advertisement

Facebook Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *