Perbedaan DNA prokariotik dan eukariotik

DNA biasanya terjadi dalam kromosom yang melingkar pada Prokariota sedangkan kromosom linear pada Eukariota. Semua organisme diklasifikasikan sebagai prokariotik atau eukariotik. Organisme yang tidak memiliki nukleus atau membran pembatas organel disebut prokariota sementara eukariota memiliki inti ‘sejati’ yang berisi organel DNA dan terikat membran. Eukariota mungkin organisme uniseluler atau multiseluler.

DNA (deoxyribonucleic acid) adalah asam nukleat yang berisi informasi genetik, yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme hidup (virus RNA adalah pengecualian). Dalam DNA, urutan membawa informasi genetik yang disebut gen, urutan lain untuk tujuan struktural atau untuk mengatur informasi genetik.

DNA prokariotik

Bakteri adalah contoh yang terkenal untuk prokariota. Meskipun, sebagian besar prokariota adalah uniseluler, beberapa memiliki tahap multiseluler dalam siklus hidup mereka. Umumnya, sitoplasma prokariot mengandung ribosom dan nulleoid dengan untai DNA tidak teratur. Hanya ada satu loop dari DNA pada nukleoid tersebut. Tidak memiliki protein histon dan terjadi sebagai kromosom melingkar.

DNA eukariotik

Semua hewan, tumbuhan, dan jamur adalah organisme eukariotik; selubung inti adalah karakter yang paling menentukan bagi semua organisme eukariotik. Pada eukariota, sebagian besar DNA disimpan di dalam inti sel, namun ada juga yang ditemukan dalam organel seperti kloroplas dan mitokondria. Protein histon dan DNA terorganisir yang dipadatkan dalam kromosom.

Dalam organisme hidup, DNA ada sebagai sepasang molekul yang dibuat erat bersama-sama dan membentuk struktur heliks ganda.Secara struktural DNA terdiri dari dua polimer panjang yang terbuat dari unit berulang yang disebut nukleotida. Tulang punggung untai DNA dibuat oleh residu gula fosfat bolak-balik. Gula yaitu 2-deoksiribosa, yaitu gula lima -Karbon disebut sebagai pentosa. Setiap gula bergabung bersama oleh gugus fosfat yang membentuk ikatan fosfodiester antara atom karbon ketiga dan kelima cincin gula yang berdekatan.

Dalam struktur heliks ganda, arah nukleotida pada satu untai berlawanan dengan arah berdiri mereka yang lain (yaitu anti-paralel). Ujung asimetris dari untaian DNA terdiri 5 ‘(prime lima) dan 3’ (prime tiga) berakhir di mana ujung 5 ‘ memiliki gugus fosfat terminal, dan ujung 3’ memiliki gugus hidroksil terminal. Perbedaan DNA prokariotik dan eukariotikDNA heliks ganda distabilkan oleh ikatan hidrogen antara nukleotida dan interaksi susun basa- antara nukleobasa. Ada empat basa yang ditemukan dalam DNA seperti adenin (A) sitosin (C), guanin (G), dan timin (T). A dan G disebut purin dan C dan T disebut pirimidin. Keempat basa mengikat gula atau fosfat dan membentuk nukleotida lengkap. Setiap nukleobasa pada satu untai berinteraksi dengan satu jenis nukleobasa dalam untai lainnya. Purin membentuk ikatan hidrogen untuk pirimidin. Di sini, A berikatan hanya untuk T oleh dua ikatan hidrogen, dan ikatan C hanya untuk G dengan tiga ikatan hidrogen.

Apa perbedaan antara DNA prokariotik dan DNA eukariotik ?

1. Pada eukariota, DNA kebanyakan ditemukan dalam inti sel, tetapi beberapa pada mitokondria dan kloroplas sementara pada prokariota, ditemukan dalam sitoplasma.
  2. DNA biasanya terjadi dalam kromosom yang melingkar pada Prokariota sedangkan kromosom linear pada Eukariota.
  3. DNA eukariot memiliki protein histon, tapi prokariota tidak memiliki itu.
  4. Prokariota hanya berisi satu loop DNA kromosom, sedangkan DNA eukariot ditemukan pada kromosom terikat erat dan terorganisir.
  5. Dalam Prokariota, banyak gen penting yang disimpan dalam DNA satelit, yang disebut sebagai plasmid, tetapi hanya beberapa eukariota memiliki plasmid ini.